CONTOH BAB III METODE PENELITIAN
BAB III
METODE PENELTIAN
3.1 Daerah dan Waktu Penelitian
Dalam penulisan ini, penulis menentukan satu obyek penelitian yaitu pada salah satu perusahaan asuransi kerugian yang terdapat di kota Makassar, yaitu PT. Jasindo, yang beralamat di jalan Ratulangi No. 132. Adapun waktu yang dimanfaatkan untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan adalah kurang dua bulan mulai dari bulan April hingga bulan Mei 2011.
3.2 Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan asuransi Kendaraan Bermotor pada PT. Jasindo, jumlah pelanggan asuransi kendaraan bermotor adalah 2.057 pelanggan, pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sample acak (random sampling) dengan menggunakan rumus Slovin (Umar 2003, hal. 78 ) yaitu :
N
n = ............................................................................... (1)
1 + N.e2
dimana : n = Ukuran Sampel
N = Ukuran Populasi
e = Prosentase (%), toleransi ketidaktelitian karena kesalahan dalam pengambilan sampel.
Berdasarkan rumus Slovin tersebut, maka jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah :
2.057
n = ______________
1 + 2.057 (10 % )2
2.057
n = _______ = 95,36 = 95 responden
21,57
3.3 Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh informasi/data yang diperlukan, maka digunakan satu metode penelitian yang merupakan penunjang dalam analisis pembahasan yaitu :
a. Dokumentasi yaitu penelitian yang dilakukan dengan jalan mengumpulkan dokumentasi-dokumentasi perusahaan yang berhubungan dengan obyek penelitian yang akan diteliti.
b. Observasi yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung pada PT. Jasindo dalam proses kegiatan pengolahan data.
c. Kuesioner yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan untuk diisi oleh para responden dan diminta untuk memberikan pendapat atau jawaban atas pertanyaan yang diajukan.
3.4 Jenis dan Sumber Data
Adapun jenis dan sumber data yang akan dianalisis dan digunakan dalam pembahasan skripsi ini berupa:
a. Jenis Data
Adapun jenis data yang akan dianalisa dan digunakan dalam pembahasan ini adalah:
1) Data kualitatif adalah data yang tidak dapat diukur dalam angka yakni aspek pemasaran jasa asuransi dan data lainnya yang ada hubungannya dengan penelitian ini.
2) Data kuantitatif adalah data yang berupa angka-angka yakni diperoleh dari informasi responden yang ada, jumlah nasabah, serta data lainnya yang menunjang pembahasan ini.
b. Sumber Data
Sedangkan data yang berhasil dikumpulkan bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui survei (kuesioner).
3.5 Metode Analisis
Metode analisis yang digunakan untuk membahas permasalahan yang ada dan menjawab hipotesis yang telah dikemukakan adalah sebagai berikut:
a. Metode deskriptif yakni untuk melihat sejauh mana pengaruh dimensi kualitas pelayanan karyawan PT. Jasindo, terhadap kepuasan konsumen dengan mengklasifikasikan jawaban responden ke dalam lima kategori yaitu (a) sangat tidak setuju, (b) tidak setuju, (c) cukup setuju (d) setuju dan (e) sangat tidak setuju. Nilai kecenderungan positif (memberikan kepuasan pada konsumen) apabila alternatif jawaban baik dan cukup baik, sedangkan bernilai negatif (tidak memberikan kepuasan pada konsumen) apabila jawaban kurang baik dan tidak baik.
b. Metode statistik deskriptif, dengan bantuan sistem komputerisasi (Program Komputer SPSS versi 12) dengan menggunakan rumus yaitu:
1) Analisis regresi berganda antara tanggapan positif atas dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen asuransi kendaraan bermotor, dengan rumus dikemukakan oleh Sugiyono (2009 : 224) yaitu :
Y = b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 …………………………… (2)
Di mana:
Y = Kepuasan konsumen
b0, b1, b2, b3, b4, b5 = Koefisien regresi
X1 = Tanggapan positif atas bukti langsung (tangible)
X2 = Tanggapan positif atas kehandalan (reliability)
X3 = Tanggapan positif atas tanggapan (responsiveness)
X4 = Tanggapan positif atas jaminan (assurance)
X5 = Tanggapan positif atas empati (emphaty)
2) Uji t digunakan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh antara bukti langsung (tangible) (X1), kehandalan (reliability) (X2), tanggapan (responsiveness) (X3), jaminan (assurance) (X4) dan empati (emphaty) (X5) terhadap kepuasan konsumen (Y)
3) Uji F digunakan untuk menguji pengaruh secara bersama-sama bukti langsung (tangible) (X1), kehandalan (reliability) (X2), tanggapan (responsiveness) (X3), jaminan (assurance) (X4) dan empati (emphaty) (X5) terhadap kepuasan konsumen (Y).
3.6 Definisi Variabel
Dalam penelitian ini digunakan beberapa istilah sehingga didefinisikan secara operasional agar menjadi petunjuk dalam penelitian ini, adalah :
No comments:
Post a Comment