Ulasan Tentang Definisi Display Menurut Para Ahli
Ulasan Tentang Definisi Display Menurut Para Ahli: Display adalah salah satu bentuk dari Sales Promotion. Sama halnya dengan promosi yang berfungsi mengarahkan seseorang untuk merasa tertarik, melihat, mengamati hingga kepada tindakan yang menciptakan suatu pembelian, maka Display juga merupakan alat dari promosi dalam memasarkan produk-produk dagangan dari sebuah toko dengan cara memamerkan atau memajang produk dagangan yang memanfaatkan ruang yang ada pada toko untuk dapat menarik perhatian konsumen.
Menurut Alma (dalam Saputra, 2007 : 30), Display ialah keinginan membeli sesuatu, yang tidak didorong oleh daya tarik, atau oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya”.
Sedangkan definisi display menurut Swastha dan Sukotjo dalam bukunya Pengantar Bisnis Modern (2009 : 18), Display ialah mempromosikan barang-barang kepada konsumen agar mereka mudah mengamati, memeriksa dan memilih barang-barang yang diinginkan.
Dari definisi diatas jelas terlihat, bahwa suatu toko dalam menyalurkan produknya memerlukan suatu Display yang dapat menarik perhatian konsumen agar mudah mengamati, memeriksa dan memilih barang-barang yang pada akhirnya melakukan pembelian.
Tujuan Display
Adapun tujuan display dapat digolongkan menjadi :
- Untuk menarik perhatian (attention interest) para pembeli. Hal ini dilakukan menggunakan warna-warna, lampu-lampu dan sebagainya.
- Untuk dapat menimbulkan keinginan memiliki barang-barang yang di pamerkan di toko (attention, interest).
- Kemudian para konsumen masuk ke dalam toko dan melakukan pembelian (desire + action).
Jenis-jenis Display
Menurut Buchari Alma dalam Saputra (2007 : 28), display dapat dibagi kedalam 3 macam, antara lain sebagai berikut:
a. Window Display
Yaitu memajang barang-barang, gambar-gambar, kartu harga, symbol-simbol dan sebagainya di bagian depan toko yang disebut etalase. Dengan demikian calon konsumen yang lewat di muka toko diharapkan akan tertarik oleh barang-barang tersebut dan ingin masuk ke dalam toko. Fungsi Window Display ini mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut :
- Untuk menarik perhatian orang yang lewat.
- Menyatakan kualitas yang baik, atau harga yang murah, sebagai ciri khas dari toko tersebut.
- Memancing perhatian terhadap barang-barang istimewa yang dijual di toko.
- Untuk menimbulkan Impulse Buying (dorongan seketika untuk membeli).
- Agar menimbulkan daya tarik terhadap keseluruhan suasana toko.
b. Interior Display
Yaitu memajang barang-barang, gambar-gambar, kartu harga, poster-poster didalam toko, misalnya dilantai, di meja, di rak-rak dan sebagainya.
Interior display ini ada beberapa macam :
1) Merchandise Display
Barang-barang dagangan dipajang didalam toko dan ada 3 bentuk memajangnya :
• Open display : Barang dipajangkan pada suatu tempat terbuka sehingga dapat dihampiri dan dipegang, dilihat terus dan diteliti oleh calon pembeli tanpa bantuan dari petugas penjualnya.
• Closed display : Barang-barang dipajangkan dalam suasana tempat tertutup. Barang-barang tersebut tidak dihampiri dan dipegang atau diteliti oleh calon pembeli kecuali atas bantuan petugas penjualnya.
• Architectural display: Memperlihatkan barang-barang dalam penggunaannya misalnya diruang tamu, meubel dikamar tidur dan sebagainya. Cara ini dapat memperbesar daya tarik karena barang-barang ditunjukan secara realistis.
2) Store Sign and Decoration
Tanda-tanda, simbol-simbol, lambang-lambang, poster-poster dan sebagainya disimpan diatas meja atau digantung didalam toko. Store sign tersebut digunakan untuk membimbing calon pembeli kearah barang dagangan dan memberi keterangan kepada mereka tentang kegunaan barang-barang tersebut.
3) Dealer Display
Ini dilaksanakan oleh wholesaler terdiri dari simbol-simbol petunjuk tentang penggunaan produk, yang kesemuanya berasal dari produsen. Dengan memperlihatkan kegunaan produk dalam gambar dan petunjuk, maka display ini juga memberi peringatan kepada para petugas penjualan agar mereka tidak memberikan keterangan yang tidak sesuai dengan petunjuk yang ada dalam gambar tersebut.
c. Exterior Display
Ini dilaksanakan dengan memajangkan barang-barang diluar toko, misalnya pada waktu mengadakan obral atau pasar malam. Display ini mempunyai beberapa fungsi antara lain :
- Memperkenalkan suatu produk secara tepat dan ekonomis.
- Membantu para produsen menyalurkan barang-barangnya dengan cepat dan ekonomis.
- Membantu mengkoordinasikan advertising dan merchandising.
- Membantu hubungan baik dengan masyarakat, misalnya pada Hari Raya, Ulang Tahun dan sebagainya.
Demikianlah uraian singkat tentang Ulasan Tentang Definisi Display Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat untuk pembaca.
No comments:
Post a Comment