BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam memperebutkan konsumen
semakin lama menjadi semakin ketat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya
alternatif produk yang dapat dipilih oleh konsumen. Munculnya produk-produk
yang inovatif secara terus-menerus dalam waktu yang relatif singkat menuntut
perusahaan untuk berupaya mengembangkan produk-produknya agar konsumen tertarik
untuk melakukan pembelian terhadap produk-produk yang mereka tawarkan.
Keputusan membeli suatu produk ada pada diri
konsumen karena pasar menyediakan berbagai pilihan produk dan merek yang
beragam. Konsumen bebas memilih berbagai produk dengan mengggunakan berbagai
kriteria yang sesuai dengan kebutuhan. Para pemasar yang memahami keinginan
konsumen memilih suatu produk, memungkinkannya mempengaruhi keputusan pembelian
dan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memenangkan kompetisi pasar.
Salah
satu industri yang mengalami persaingan ketat saat ini adalah industri Hand
Phone. Hand Phone Android sudah menjadi kebutuhan sehari-hari di dalam
kehidupan manusia, dan pada saat ini semakin banyak jenis dan merek Hand Phone
Android yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, konsumen memiliki kekuatan
yang sangat besar dalam menentukan pilihannya, konsumen juga akan semakin jeli
dan kritis dalam memilih Hand Phone Android yang ada. Konsumen akan menggunakan
produk Hand Phone Android yang menurut persepsinya terbaik.
Dari
sekian banyak merek Hand Phone Android yang ada di pasaran, konsumen biasanya
menggunakan faktor-faktor seperti kemasan, kualitas, merek dan harga sebagai
bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian Hand Phone. Kemasan
yang menarik akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian, hal ini
sejalan dengan teori perilaku konsumen secara psikologis yang mengatakan bahwa
seorang konsumen akan melakukan pengamatan terhadap barang yang akan dibeli dan
digunakan oleh konsumen. Kemasan produk yang manarik akan mendorong seorang konsumen
untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam penggunaan maupun penyimpanan
sehingga konsumen merasa puas. Desain yang unik, ukuran yang bermacam-macam,
warna, bentuk dan informasi yang diberikan pada kemasan akan semakin
mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihan produk.
Kualitas
yang baik juga merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi perusahaan jika
ingin produknya laku di pasaran. Sehingga perusahaan akan selalu memberikan
kualitas terbaiknya kepada konsumen agar konsumen terus melakukan pembelian
terhadap produk yang mereka tawarkan.
Dalam
bisnis yang sangat ketat merek menduduki peranan besar terutama dengan
penilaian konsumen terhadap kualitas atau mutu produk, sehingga merek
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Begitu pula dengan harga, harga
memiliki peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian. Keputusan membeli suatu produk sepenuhnya ada
pada diri konsumen karena pasar menyediakan berbagai pilihan produk dan merek
yang beragam. Konsumen bebas memilih berbagai produk dengan mengggunakan
berbagai kriteria yang sesuai dengan kebutuhan, selera, daya beli, mutu yang
baik, dan harga yang lebih murah.
Fakultas
Ekonomi Univerrsitas Jabal Ghafur merupakan salah satu tempat pendidikan di Kabupaten
Pidie. Walaupun fasilitas tempat pendidikannya masih kurang, masih banyak
mahasiswa yang menyukai Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Mahasiswa
Jabal Ghafur umunya menggunakan Hand Phone Android dengan bermacam merek.
Seiring berkembangnya teknologi, kebanyakan mahasiswa mengikuti keadaan di
lingkungan mereka, Hand Phone Android cukup terkenal di kalangan mahasiswa
Jabal Ghafur khususnya Fakultas Ekonomi. Kebanyakan mahasiswa Fakultas Ekonomi
menggunakan Hand Phone Android dengan berbagai tipe dan merek.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Keputusan pembelian merupakan Proses
pembelian secara spesifik terdiri dari urutan kejadian berikut: pengenalan
masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan
perilaku pasca pembelian. Tugas pemasar adalah memahami perilaku pembeli pada
tiap-tiap tahap dan pengaruh apa yang bekerja pada tahap-tahap itu. (Setiadi,
2003: 16).
Merek (brand) telah menjadi elemen
penting yang berkontribusi terhadap kesuksesan sebuah organisasi pemasaran,
baik perusahaan bisnis maupun nirlaba, manufaktur maupun penyedia jasa, dan
organisasi lokal maupun global. Menurut UU Merek No. 15 Tahun 2001 pasal 1 ayat
1 merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka,
susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya
pembeda dan digunakan dalam perdagangan barang atau jasa. (Tjiptono, 2005: 2)
Harga
adalah jumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa. Secara luas
didefenisikan sebagai sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau
jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena
memiliki atau menggunakan produk jasa tersebut. Dari defenisi tersebut dapat
disimpulkan bahwa untuk memiliki atau memperoleh manfaat dari suatu produk atau
jasa, konsumen/ pelanggan dibebankan sejumlah uang untuk ditukarkan.
Berdasarkan
uraian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul: “Pengaruh Harga dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hp Android di Lingkungan Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur”
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dirumuskan
masalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana pengaruh Harga
Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Jabal Ghafur ?
2.
Bagaimana pengaruh
Merek Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Jabal Ghafur ?
3.
Di antara variabel
harga dan merek, manakah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan
Pembelian HP Android Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jabal
Ghafur ?
1 .3 Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan diadakannya penelitian ini adalah
sebagai berikut :
1.
Untuk melihat bagaimana
pengaruh Harga Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur.
2.
Untuk melihat bagaimana
pengaruh Merek Terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur.
3.
Untuk mengetahui
diantara variabel harga dan merek, manakah variabel yang paling berpengaruh
terhadap keputusan Pembelian HP Android di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Jabal Ghafur.
1.4 Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dengan diadakannya penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Bagi
perusahaan,
Penelitian ini memberikan
masukan bagi perusahaan dalam mengetahui berpengaruh
penerapan kebijakan Harga dan Merek yang
digunakan sehingga berpengaruh terhadap keputusan pembelian
2.
Bagi penulis,
Penelitian ini dapat bermanfaat untuk
memperluas wawasan dalam bidang yang diteliti dan memperdalam pengetahuan dalam
manajemen pemasaran khususnya mengenai berpengaruh
terhadap keputusan Pembelian HP Android.
3.
Bagi pihak lain,
Penelitian ini bermanfaat sebagai informasi
tambahan untuk penelitian lebih lanjut.
.
No comments:
Post a Comment