BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada awal diciptakan,
computer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan
perkembangan zaman, maka peran computer semakin mendominasi kehidupan. Dengan
adanya computer, beberapa hal yang menjadi kekurangan manusia dapat digantikan
oleh computer walaupun tidak semua kegiatan. Begitu juga dengan computer,
computer membutuhkan manusia karena tanpa adanya sentuhan manusia, computer
tersebut takkan berguna.
................................................................................... Bidang Pendidikan: Paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang
digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari mata pelajaran. Dan
dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang
banyak sekolah-sekolah maju yang mulai m.............................................................bagai produk industri yang bervariasi, c) Bidang Hiburan: Dengan
berkembangnya computer, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan
untu menghilagkan kejenuhan setelah lama beraktifitas. Kita dapat mendengarkan
music, menonton film, bermain game dan banyak hal lain dengan menggunakan satu
alat yaitu computer.
.......................................................................................................................................................................................................
Pada industri atau bisnis yang berorientasi pada pelanggan, maka tidak
dapatdihindari bahwa kualitas pelayanan menjadi satu-satunya faktor penentu
darieksistensi perusahaan atau industri tersebut dalam terlibat di industri
atau bisnisyang penuh dengan persaingan, karena jika kualitas pelayanan tidak
diperhatikan, maka konsekuensinya pelanggan akan berpindah
kepada industri atau bisnis lainyang sejenis yang lebih memberikan pelayanan
yang memuaskan bagikonsumennya.
Dalam melihat dimensi apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah pelayanan dalam bisnis, khususnya pada sektor jasa terhadap kepuasan
konsumen, penulis melihat bahwa dimensi kualitas
pelayanan seperti dibawah ini :
ü Bukti fisik
ü Kehandalan
ü Ketanggapan
ü Jaminan
ü Empati
Dimana itu semua merupakan beberapa
dimensi dari kualitas pelayanan sebuah bisnis atau industri dilaksanakan.
Dimana pada akhirnya dimensi-dimensi tersebut diatas akan secara signifikan
mempengaruhi daya beli masyarakat ataukonsumen kepada industri atau bisnis yang
kita jalankan.
Berdasarkan paparan diatas, penulis
tertarik untuk melakukan penelitian mendalam mengenai aspek pelayanan yang
menjadi selling value pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Kita
percaya bahwa kepuasan konsumen akanbanyak memberikan dampak positif bagi kelangsungan
hidup sebuah usaha. Darilatar belakang diatas tersebut, maka judul penelitian
yang ingin diangkat oleh penulisadalah : “Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan CV. Odyssey. Com”.
1.2
Perumusan
Masalah
Berdasarkan paparan
yang telah dijelaskan diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
a. Bagaimana
karakteristik pelanggan toko computer CV. Odyssey. Com Sigli?
b. Bagaimana
tingkat kinerja dan tingkat kepentingan atribut-atribut produk toko computer
CV. Odyssey. Com Sigli?
c. Bagaimana
tingkat kepuasan pelanggan toko computer CV. Odyssey. Com Sigli secara
menyeluruh?
1.3
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan perumusan
masalah yang ada, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan:
a. Untuk
mengidentifikasi karakteristik pelanggan toko computer CV. Odyssey. Com Sigli.
b. Untuk
mengetahui bagaimana tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut produk
toko computer CV. Odyssey.Com Sigli.
c. Untuk
mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pelanggan toko computer CV. Odyssey. Com
Sigli secara menyeluruh.
1.4
Manfaat
Penelitian
a. Hasil
dari penelitian dapat menjadi bahan informasi untuk toko computer CV. Odyssey. Com
untuk mengetahui karakteristik pelanggan toko computer CV. Odyssey.Com dan
tingkat kepuasan pelanggan toko computer CV. Odyssey. Com.
b. Hasil
dari penelitian ini jaga dapat menjadi bahan masukan untuk toko computer CV.
Odyssey. Com dalam merumuskan strategi pemasaran selanjutnya.
c.
Hasil penelitian ini juga dapat
dijadikan bahan informasi untuk peneliti lain ataupun institusi untuk melakukan
penelitian lebih lanjut.
No comments:
Post a Comment