BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada saat ini teknologi informasi telah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan itu salah satunya ditandai dengan keberadaan internet yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan internet sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan,komunikasi, dan sebagainya. Perguruan Tinggi seperti AMIK Wahana Mandiri pun memerlukan kemajuan teknologi dalam kegiatan pengolahan data-data pembayaran perkuliahan.
AMIK Wahana Mandiri adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan merupakan lembaga yang membutuhkan pengolahan data administrasi keuangan yang lebih terintegrasi dalam menjalankan kegiatan administrasi biaya kuliah mahasiswa. Begitupun dari segi media arsip juga perlu ditingkatkan agar data-data tersimpan dengan aman, Dengan dibuatnya sistem yang baru diharapkan dapat membantu dan meningkatkan kinerja karyawan dalam suatu perusahaan, sehingga informasi yang disampaikan akan lebih efektif.
AMIK Wahana Mandiri sudah menggunakan Sistem Informasi Biaya Kuliah untuk pengelolaan data menggunakan sebuah aplikasi berupa Microsoft Visual Foxpro 9.0. Sistem ini sudah digunakan dalam beberapa waktu, ternayata user atau penggunaan sistem ini masih menemui kesulitan dalam penggunaan sistem tersebut. Meskipun sistem yang ada sudah terkomputerisasi, namun belum berjalan secara maksimal sehingga perlu dilakukan pengembangan sistem agar data yang sudah ada dapat terintegrasi dengan baik.
Sehubungan dengan alasan tersebut, maka penulis mencoba merancang pengembangan sistem biaya kuliah untuk memecahkan masalah yang terjadi yang akhirnya penulis tuangkan ke dalam pembuatan Tugas Akhir yang berjudul “Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Kuliah Pada AMIK Wahana Mandiri Menggunakan PHP dan MySQL”
1.2 Permasalahan Penelitian
Pengelolaan data administrasi keuangan di AMIK Wahana Mandiri sudah ada dalam menjalankan kegiatan administrasi biaya kuliah mahasiswa. Namun belum memiliki sebuah sistem informasi pembayaran kuliah yang berjalan secara maksimal, sehingga perlu dilakukan pengembangan sistem agar data yang sudah ada dapat terintegrasi dengan baik.
Sistem Informasi yang nantinya dibuat dengan tujuan akan bermanfaat bagi Biro Administrasi Umum (BAU) untuk mengelola administrasi dari tiap mahasiswa secara terkomputerisasi dan langsung mencetak laporan tersebut secara otomatis.
1.2.1. Identifikasi dan Pembatasan Masalah
Berdasarkan observasi maka didapatkan identifikasi masalah sbb:
1. Belum terintegrasi dan berjalan dengan baik Sistem informasi pembayaran kuliah terdahulu yang ada di AMIK Wahana Mandiri.
2. Belum berjalan sesuai kebutuhan pengolahan data transaksi biaya kuliah terdahulu yang ada di AMIK Wahana Mandiri.
3. Belum berjalan sesuai kebutuhan program aplikasi yang digunakan untuk mengelola data biaya kuliah mahasiswa di AMIK Wahana Mandiri.
1.2.2. Ruang Lingkup Masalah
Adapun yang menjadi ruang lingkup masalah tersebut adalah sebagai berikut:
a. Penelitian terfokus pada Pemanfaatan Sistem Informasi Pembayaran Kuliah dalam tata kelola keuangan di perguruan tinggi khususnya di AMIK Wahana Mandiri yang berkedudukan di Jl.Cabe Raya No.51 Pondok Cabe Tangerang Selatan Banten, selama empat bulan dari bulan Maret sampai Juni 2013.
b. Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Kuliah pada AMIK Wahana Mandiri untuk menghasilkan report data pembayaran kuliah dan mencetak kwitansi secara otomatis.
1.2.3. Rumusan Masalah
Seperti permasalahan yang sudah dijelaskan diatas, penulis menemukan rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apakah sistem informasi pembayaran kuliah terdahulu yang ada di AMIK Wahana Mandiri sudah terintegrasi dan berjalan dengan baik?
2. Apakah pengolahan data transaksi biaya kuliah yang sudah ada di AMIK Wahana Mandiri saat ini sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan?
3. Apakah program aplikasi yang digunakan untuk mengelola data biaya kuliah mahasiswa di AMIK Wahana Mandiri pada saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan?
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Untuk mencapai tujuan dan manfaat penelitian dalam Mengembangkan Sistem Pembayaran Kuliah ini maka dapat diuraikan sebagai berikut :
1.3.1. Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah:
1. Mengembangkan sistem yang sudah ada agar data lebih terintegrasi dengan baik.
2. Membuat pengelolaan data transaksi biaya kuliah di AMIK Wahana Mandiri menjadi lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan saat ini.
3. Membuat pengembangan sistem informasi pembayaran uang kuliah dengan menggunakan PHP dan MySQL sehingga laporan yang dihasilkan dapat dikembangkan dan pengolahan data dapat terintegrasi dengan baik.
1.3.2. Manfaat Penelitian
Adapun yang menjadi manfaat dari penelitian yang akan dilakukan adalah mengembangkan sistem informasi pembayaran kuliah pada AMIK Wahana Mandiri yang lebih terintegrasi, membuat pengelolaan data transaksi biaya kuliah di AMIK Wahana Mandiri menjadi tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan yang nantinya akan bermanfaat bagi Biro Administrasi Umum (BAU) untuk mengelola administrasi dari tiap mahasiswa secara terkomputerisasi dan langsung mencetak laporan tersebut secara otomatis.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Tinjauan Pustaka
Berikut adalah beberapa penelitian terdahulu yang terkait dengan topic penelitian Sistem Informasi Pembayaran Kuliah.
a. Perancangan Sistem Pembayaran Uang Kuliah Berbasis Mobile Dengan Notifikasi Pembayaran Melalui SMS (Daniel Irwanto Saputro, 2008).
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan M-Commerce yang merupakan satu jalan yang efektif dan nyaman bagi konsumen untuk melakukan transaksi elektronik dari mana saja dan kapan saja. Selama ini pembayaran uang kuliah yang dilakukan secara langsung melalui bank yang telah bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta menyebabkan mahasiswa sering mengantri lama. Pembayaran secara transfer sendiri tidak dianjurkan oleh pihak Universitas Sebelas Maret Surakarta. Keuntungan dari m-commerce terutama m-payment, dapat dirancang sebuah aplikasi pembayaran uang kuliah yang mampu menangani tersebut. Mahasiswa cukup login ke dalam aplikasi kemudian memilih melakukan pembayaran, diikuti login internet banking, dilanjutkan dengan melakukan pembayaran melalui perangkat mobile mahasiswa. Bukti transfer dan PIN akan ditampilkan di perangkat mobile dan akan dikirimkan melalui SMS kepada mahasiswa. Dari penelitian tersebut sistem hanya membahas masalah M-Commerce. Diperlukan penelitian yang lebih lengkap yang memfokuskan terhadap kebutuhan koneksi jaringan yang melibatkan aplikasi-aplikasi server secara terpisah.
b. Implementasi Services Oriented Architecture (SOA) dalam Sistem Transaksi Perbankan di Perguruan Tinggi (Arif Firmansyah, 2008)
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan SOA dalam memberikan layanan pembayaran kuliah dengan melibatkan beberapa bank yang terhubung melalui sebuah perusahaan jasa penghubung (switching company). Sistem yang telah dikembangkan mengacu kepada sistem host to host, di mana bank secara langsung dapat mengakses
nilai tagihan yang berada di sebuah server yang dikelola unpad secara langsung dan terpusat. Proses ini secara umum telah berjalan dengan baik, namun kebutuhan Unpad sebagai perguruan tinggi terus berubah sehingga kebutuhan jenis pembayaran terus muncul. Sementara pemanfaatan layanan Switching Company dirasakan cukup lambat, sehingga ada beberapa jenis pelayanan yang tidak dapat disediakan dalam sistem pembayaran ini dalam waktu cepat. Sistem yang dirancang diharapkan dapat melayani berbagai jenis sistem pembayaran yang disediakan secara dinamis baik untuk kebutuhan saat ini maupun kebutuhan di masa yang akan datang.
Dari penelitian tersebut sistem hanya membahas masalah SOA. Diperlukan penelitian yang lebih lengkap yang memfokuskan terhadap kebutuhan infrastruktur dan kemanan khususnya jaringan di perguruan tinggi tersebut.
c. Perencanaan Sistem Pembayaran Kuliah Berbasis SMS di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Ernita Dewi Mutia, 2006).
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Short Message Service (SMS) pada jaringan Global System for Mobile (GSM). SMS umumnya merupakan layanan wireless yang dapat mengirim pesan alpanumerik antara pengguna mobile dan sistem eksternal seperti e-mail, paging, sistem voicemail.
Metode pembayaran perkuliahan sekarang menggunakan sistem auto debet di bank, dimana hal ini sangat efektif dan efisien karena dengan sistem pembayaran ini mahasiswa dapat melakukan pembayaran di bank seluruh Indonesia. Berbeda dengan sistem lama yang mengharuskan mahasiswa antri dalam melakukan pembayaran di loket-loket yang telah ditetapkan. Disini timbul masalah baru lagi yaitu antrian yang membosankan.
Dengan aplikasi berbasis SMS ini dapat melayani pesan dari mahasiswa dalam bentuk sms dan memberi laporan kepada pengirim dalam bentuk SMS juga. Layanan dasar sistem ini meliputi melihat tagihan kuliah dan konfirmasi pembayaran.
Dari penelitian tersebut sistem hanya membahas masalah SMS pada jaringan GSM. Diperlukan penelitian yang lebih lengkap yang memfokuskan terhadap telepon seluler pada bagian server sebagai telepon gateway. Agar pengguna telepon seluler dapat menerima pesan dengan mudah dan kemudian diproses oleh komputer.
2.2 Landasan Teori
2.2.1. Sistem
Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan dan bertanggung jawab memproses masukan (input) sehingga menghasilkan keluaran (output). Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. (Sucipto, 2010:1-2).
2.2.2. Informasi
Informasi berarti data yang telah dibentuk dalalm suatu format yang mempunyai arti dan berguna bagi manusia. Sebaliknya data merupakan sekumpulan baris fakta yang mewakili peristiwa yang terjadi pada organisasi atau lingkungan fisik sebelum diolah dalam suatu format yang dapat dipahami dan digunakan orang. Sistem informasi juga bermanfaat untuk lingkungan eksternal. (Sucipto, 2010: 222-223).
2.2.3. Website
Website merupakan kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamanakan homepage. Homepage berada dibawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.
Website awalnya merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan surfer atau pengguna internet melakukan penelusuran informasi di internet. Informasi yang disajikan dengan web menggunakan konsep multimedia, informasi dapat disajikan dengan menggunakan banyak media, seperti teks, gambar, animasi, suara atau film.
Ada beberapa kelebihan dan manfaat website sehingga banyak orang membutuhkan kehadirannya, diantaranya:
• Memiliki alamat secara online
• Jangakauan tanpa batas sehingga dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia daam waktu yang tak terbatas.
• Menjadi cermin pribadi maupun citra perusahaan apabila fitur yang disediakan cukup interaktif dan dinamis.
• Dapat berfungsi sebagai identitas pribadi / Perusahaan tentang profil diri agar dapat diketahui oleh para customer dalam menjalankan bisnis sehingga komunikasi dapat berjalan dengan mulus.
• Situs personal dapat berfungsi sebagai juru bicara untuk menuangkan ide, gagasan, kritik, saran, berbagi ilmu, dan suara hati lainnya yang ingin dituangkan kedalam situs melalui tulisan.
Website yang dibuat oleh seorang pengembang website harus benar-benar mencerminkan identitas suatu institusi, jangan sampai bertolak belakang antara isi dengan bentuk dan tata letak situs itu sendiri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah tentang kategori situs itu sendiri. (Gregorius, 2000: 123-124)
2.2.4. Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver adalah salah satu program editor halaman web atau merupakan program penyunting-pengolah halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah Adobe Dreamweaver CS5 yang ada dalam Adobe Creative Suite 5. (Setijo, 2010: 12-13)
2.2.5. PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini, PHP banyak dipakai untuk program situs web dinamis, contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah forum (phpBB) dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server ( server side HTML embedded scripting ). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain. (Anhar, 2010: 10-11)
2.2.5.1. Sejarah PHP
PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada home pagenya. Awalnya PHP kependekan dari personal home page saat itu namanya masih Form Interpreted. Selanjutnya pembuat PHP merilis kode sumber (open source) ke khalayak umum sehingga banyak programmer yang tertarik untuk mengembangkan PHP. (Virgi, 2011: 10-11)
2.2.5.2. Sintaks Dasar PHP
Script PHP disisipkan langsung dalam tubuh file HTML yang ditandai dengan tag pembuka dan penutup. Sebagaimana diketahui, HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa standar untuk membuat halaman-halaman web. Ada dua pasang tag PHP yang dapat digunakan yaitu <?php…> dan <script language=”php”>…</script>.
Kode-kode PHP ditulis diantara tag pembuka dan penutup seperti dalam contoh-contoh berikut:
HTML
<?php
Kode PHP di sini;?>
HTML
Dan
HTML
<script language=”php”>
kode PHP di sini;
</script>
HTML
2.2.5.3. Script PHP
Script PHP diawali dengan tag (<?) dan diakhiri dengan tag (?>). Setiap baris perintah / statement harus diakhiri dengan menggunakan tanda titik koma (;). Umumnya setiap statement dituliskan dalam satu baris. Script PHPmerupakan script yang digunakan untuk menghasilkan halaman-halaman web. Cara penulisannnya dibedakan menjadi embedded dan non embedded script. (Didik Dwi Prastyo, 2003: 4-5)
2.2.5.4. Kelebihan & Kekurangan PHP
Kelebihan PHP
1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
4. Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan diberbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
Kelemahan PHP
1. Tidak ideal untuk pengembangan skala besar
2. Tidak memiliki sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya (sampai versi 4 ini)
3. Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logik dengan baik (walau penggunaan template dapat memperbaikinya)
4. PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu dan konfigurasi PHP
5. Kode PHP dapat dibaca semua orang, dan kompilasi hanya dapat dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend.
2.2.6. XAMPP
XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.
Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam General Public License (GNU) dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.
XAMPP adalah kepanjangan yang masing-masing hurufnya adalah:
X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, danjuga Solaris.
A : Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat web, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
M : MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structure Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database.
MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database besertaisinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database.
P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL.
P : Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1.
Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, Power PC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. (Rachmad Hakim, 2010: 120-121)
2.2.7. MySQL
MySQL merupakan sebuah basis data yang mengandung satu atau beberapa kolom. Tabel terdiri atas sejumlah basis dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom. Didalam PHP telah menyediakan fungsi untuk koneksi ke basis data dengan sejumlah fungsi untuk pengaturan baik menghubungkan maupun memutuskan koneksi server database MySQL sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi. (Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, 2010: 145-146).
Database adalah sistem penyimpanan beragam jenis data dalam sebuah entitas yang besar untuk diolah sedemikian rupa agar mudah dipergunakan lagi. Data yang disimpan bisa sangat variatif (angka, teks, gambar, suara, dan jenis data multi-media lainnya). Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi,karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. (Sucipto, 2012: 137).
MySQL adalah sistem manajemen basisdata relasi yang bersifat terbuka atau open source. Sistem manajemen basisdata ini adalah hasil pemikiran dari Michael “Monty” Widenius, David Axmark, dan Allan Larson pada tahun 1995.
Tujuan awal ditulisnya program MySQL adalah untuk mengembangkan aplikasi web. MySQL menggunakan bahasa standar SQL (Structure Query Language) sebagai bahasa interaktif dalam mengelola data.
Perintah SQL sering juga disebut Query. MySQL menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan database server lain.
Berikut ini adalah beberapa keunggulan MySQL:
1. Mampu menangani jutaan user dalam waktu yang bersamaan.
2. Mampu menampung lebih dari 50.000.000 record.
3. Sangat cepat mengeksekusi perintah.
4. Memiliki user privilege system yang mudah dan efisien.
Kelemahan MySQL:
1. Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
2. Data yang ditangani belum begitu besar.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Analisa Kebutuhan Sistem
Analisa kebutuhan sistem merupakan tahap kegiatan untuk mengetahui kebutuhan pembangunan sistem teritegrasi,tujuan dari tahapan analisa kebutuhan ini adalah menentukan suatu kebutuhan proses dalam membangun Sistem Informasi Pembayaran Kuliah menggunakan PHP dan MySQL yang sesuai dengan Skenario bisnis yang menjadi resources utama yang harus dikembangkan dalam tahapan ini. Skenario bisnis harus mencakup process business, dan permasalahan (issue) pada AMIK Wahana Mandiri yang tertuang pada tabel berikut.
Tabel 3.1 Permasalahan AMIK Wahana Mandiri
Pada Tabel 3.1 terdapat permasalahan tidak efisien,pemanfaatan IT masih kurang berdasarkan hal tersebut berarti bahwa proses penyajian informasi dan pemanfaatan IT antar bagian belum terintegrasi.
Solusi dari permasalahan yang tersaji dalam Tabel 3.1 di atas adalah sebagai berikut:
Tabel 3.2 Solusi permasalahan AMIK Wahana Mandiri
3.2 Prosedur Penelitian
Untuk dapat melaksankan tahapan penelitian maka tahapan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:
3.2.1. Studi Pustaka
Studi pustaka dilakukan untuk mencari informasi - informasi tentang teori, metode dan konsep yang relevan dengan permasalahan. Sehingga dengan informasi – informasi tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam penyelesaian masalah. Studi pustaka yang dilakukan dengan mencari informasi dan referensi dalam bentuk text book, literatur, informasi dari internet maupun sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini.
3.2.2. Metode Pengumpulan data
Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Tujuan yang diungkapkan dalam bentuk hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap pertanyaan penelitian.metode pengumpulan data bisa dilakukan dengan cara:
a. Data Primer primer diperoleh melalui:
1. Wawancara
Merupakan cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan mengadakan dialog langsung terhadap pihak yang berkompeten di AMIK Wahana Mandiri yang relevan dengan pembahasan dalam penulisan Tugas Akhir ini.
2. Observasi
Merupakan cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan melakukan peninjauan atau pengamatan secara langsung ketempat yang berkaitan dengan penulisan Tugas Akhir dan pembuatan sistem informasinya.
3. Komparatif
Merupakan cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan melakukan pertimbangan atau membandingkan dua sistem atau lebih, melihat kekurangan dan kelebihan antara sistem yang lama dengan sistem yang baru. Sehingga dapat dilakukan pengembangan sistem yang baru.
Adapun dalam pengembangan sistem, penulis menggunakan metode pengembangan sistem waterfall yaitu dilakukan denga berorientasi pada aliran data yang meliputi perencanaan, analisis, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan sistem. Sedangkan dalam mengimplementasikan sistem tersebut penulis membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.
b. Data sekunder meliputi struktur organisasi,infrastruktur TI, gambaran sistem yang ada saat ini. Data sekunder diperoleh melalui:
1. Studi dokumentasi
Studi dokumentasi digunakan untuk mencari data-data sekunder yang dibutuhkan dalam melakukan tata kelola keuangan yang ada.
2. Akses internet
Akses internet digunakan untuk mencari data pendukung dari berbagai buku,ebook,maupun jurnal-jurnal yang relevan.
3.3. Alat Bantu
Untuk kelancaran dalam penelitian ini, berikut penjelasan mengenai alat bantu yang digunakan, yaitu :
3.3.1 Perangkat Keras yaitu :
a. Prosesor intel core i3
b. Memori 2 GB
c. Harddisk 500 GB
3.3.2 Perangkat Lunak yaitu :
a. Sistem Operasi Microsoft Windows 7
b. Adobe Dreamweaver
c. PHP dan MySQL
3.4. Jadwal Penelitian
Dalam melaksanakan tahapan penilitian agar penelitian tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang direncanakan maka peneliti membuat matrik berupa tahapan jadwal penelitian sebagai berikut:
Tabel 3.3 Jadwal Penelitian
No comments:
Post a Comment