Redirect SKRIPSI TERBARU: Pengertian Bauran Pemasaran menurut para ahli terbaru

Thursday, November 5, 2015

Pengertian Bauran Pemasaran menurut para ahli terbaru

Pengertian Bauran Pemasaran menurut para ahli terbaru

Pemasaran memliliki inti yang menjadi perhatian setiap pemasar yautu bauran pemsaran (marketing mix), dimana bauran pemasaran merupakan alat bagi pemasara yang terdiiri dari berbagai elemen suatu program pemasaran yang ditetapkan dapat berjalan dengan sukses.

Bauran pemasaran terdiri dari apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya. Dengan kata lain, bauran pemasaran menjadi konsep bagi aktivitas peruhsanaan dalam pencapaian tujuan oeruhsanaan  dengan mengefektifkan aktivitas pemasaran. Bauran pemasaran  pada produk barang yang kita kenal  selama ini berbeda dengan bauran pemasaran untuk jasa. Hal ini terkait dengan adanya perbedanaan karakteristik antara jasa dan barang.

Menurut Fandy Tjiptono (2008:30), Bauran Pemasaran didefinisikan sebagai berikut :
“Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang diginakan pemasar untuk membentuk karakterisitik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Sementara menurut Kotler dan Keller bauran pemasaran yang dialih bahasakan oleh Benjamin Mollan (2007 :17) adalah “Seperangkat alat pemasaran yang digunakan peruhsanaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran.

Sedangkan menurut Mc Crthy yang dikutup oleh Kotler dan Keller (2007 :17) yang dialih bahasakan oleh Bob Sabran, mengklasifikasikan alat-alat pemasaran tersebut dalam empat kelompok yang luas yang biasa disebut denngan 4P. Yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Berbeda dengan bauran pemasana jasa, menurut Tjiptono (2008:30) bauran pemasaran jasa terdiri dari 8 poin penting yaitu :
a. Produk  (Product)
Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar atau bentuk penawaran organisasi yang ditunjukan untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan
b. Harga (Price)
Segala bentuk tentang kebijkana strategis dan taktis, sperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan.
c. Tempat (Place)
Keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa para pelanggan potensial
d. Promosi
Metode untuj mengkomunikasikan manfaat jasa kepada pelanggan potensial dan aktual
e. Orang (People)
Sumber daya manusia yang digunakan oleh peruhsanaan dalam kegiatan pemasaran, karena orang merupakan unsur vital dalam pemasaran
f. Proses (Process)
Proses kegiatan prosuksi atau operasi seperti kcepatan dan ketepatan karyawan dalam memproduksi jasa perusahaan
g. Bukti Fisik (Physical Evidence)
Bukti fisik dari karakterisitik jasa dimana perusahaan dan kinsumennya berinteraksi dan setiap konsumen memfasilitasi penampilan atau komunikasi jasa tersenut, misalnya penampilan staff yang rapih dan sopan, dekorasi, internal dan eksternal bangunan yang aktraktif.
h. Pelayanan Konsumen (Customer service)
Kualitas jasa yang dipersepsikan oleh pelanggan.

No comments:

Post a Comment