Pengertian Pemasaran dan Manajemen Pemasaran terbaru
A. Pengertian Pemasaran
Pemasaran tidak hanya berupa aktivitas penjualan saja, akan tetapi pemasaran beriisi aktivitas-aktivitas yang dapat memeberikan nilai-nilai (value) yan menguntungkan kepada konsumen, dengan cara mmengidentifikasikan berbagai harapan-harapan dan keinginan konsumen yang bertujuan untuk menciptakan kepuasan kepada konsumen. Dengan pelasknaan pemasaran yang baik, peruhsanaan dapat mempertahankan posisinya di pasar walaupun dihadapkan dalam situasi yang sulit.
Pengertian pemasaran menurut philip Kotler dan Keller yang dialih bahasakan oleh Bob Sabran (2009:6); pengertian pemsaran adalah “Pemasaran adalah proses sosial dan manajeriak yang didadalamnya terdapat individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mepertukarkan prosuk yang bernilai dengan pihak lain”’
Sedangkan menurut Wiliam J. Shulz dalam Buchari Alma (2005:2) sebagai berikut “Pemasaran adalah suatu kegiatan yang menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.”
Dari definisi di atas maka dapat ditasrik kesimpulan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial dan amanjerial dari individu dan kelompok untuk memnuhi kebutuhan dan keinginan, penawaran dan pertukaran (nilai) produk dengan pihak lain, dimana hal ini juga diharapkan mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Atau kesimpulan yang lain bahwa aktivitas pemsaran nerupakan suatu proses merencanakan, melaksanakan konsep harga, promosi dan distribusi barang-barang, jasa dan ide untuk mencipyakan pertukaran sesuai target.
B. Manajemen Pemasaran
Agar pelaksanaan kegiatan pemasaran dapat dilakukan dengan baik, maka diperlukan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian.tersebut merupakan fungsi dari manjemen sehingga dalam proses dan kegiatan pemasaran, perusahaan tersebut dapat memnuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
Adapun definisi menejemn pemasaran menurut Kotler dan Amstrong yang dikutip dari Buchari Alma (2005 : 130) adalah “Manajemen Pemasaran adalalah kegiatan menganalisis, merencanakan, mengimplemnetasikan dan mengawasi segiala kegiatan (program), guna memperoleh tingkat pertukaran yang menguntunkan dengan pembeli sasaran dalam rangka mencapai tujuan organisasi”.
Sedangkan menurut Kotler dan Keller yang dialih bahasakan leh Bob Sabran (2009:6) pengertian manajemen pemasaran adalah “Proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran perorangan dan organisasi.”
Sedangkan menurut Kotler yang dikutip oleh Fajar Laksana (2008 : 88) pengertian manajemen pemasaran adalah “Proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta pengukuran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi”.
Definisi diatas, menyimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah kegiatan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.
No comments:
Post a Comment