BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi yang
semakin pesat seiring dengan peningkatan peradaban manusia menyebabkan
persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan mendorong setiap
perusahaan untuk menciptakan keunggulan. Syarat yang harus di penuhi oleh suatu
perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan
untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka
setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa
yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas (reasonable).
Dengan demikian setiap
perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya, karena
kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha
memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku
konsumennya. Apabila perusahaan sudah menetapkan strategi pemasarannya
khususnya dalam kebijakan harga maka konsumen akan mempelajari, mencoba, dan menerima
produk tersebut. Proses penerimaan konsumen pada suatu produk akan
diimplementasikan dalam suatu bentuk
keputusan pembelian.
LG dipersepsikan memiliki
kualitas produk yang tidak kalah baiknya. Anggapan bahwa LG merupakan Televisi yang tahan lama dan mudah perawatannya telah
membuat harga purna jual Televisi LG relative tetap tinggi dibandingkan televisi
lainnya. Pengembangan yang terus menerus
dari LG seperti pengembangan dari sisi layar dan juga model, juga telah semakin
memperkuat persepsi kualitas dari LG. Hal ini tentu saja sebagai bagian dari
upaya membendung pesaing-pesaing yang kini semakin banyak bermunculan dan terus
menerus berusaha mengikis pangsa pasar dari LG.
Dalam
penerapannya, sustainable manufacturing akan berpengaruh banyak terhadap
visi dan misi dari perusahaan karena sustainable manufacturing bukanlah
hal yang mudah diterapkan dan pada awalnya memerlukan pemikiran serta
pengorbanan yang cukup banyak sehingga sangat diperlukan komitmen yang kuat dan
perusahaan dan dukungan dari masyarakat serta lingkungan sekitar dalam
pelaksanaannya.
Akhir-akhir
ini dapat dijumpai beberapa produsen alat-alat elektronik yang me-launching
program tukar tambah produk-produk lama dengan kondisi apapun dengan
produk-produk baru mereka. Fenomena tersebut dapat dilihat sebagai langkah awal
yang diambil produsen untuk mulai memikirkan after safes service yang
mengarah pada proses reuse ataupun dam ulang terhadap produk-produk
mereka yang berada di tangan konsumen. Program tukar tambah tersebut didukungjuga
oleh faktor pemakaian aIat-alat elektronik yang semakin meningkat dari tahun ke
tahun karena cepatnya perubahan teknologi dan tuntutan kemajuan jaman sehingga
konsumen alat-alat elektronik semakin tertarik untuk membeli produk-produk
elektronik terbaru yang ditawarkan dengan fitur-fitur yang lebih bagus dan
berteknologi tinggi. Fenomena inilah yang menyebabkan dilihatnya sebuah
kesempatan untuk mengubah strategi penjualan dari selling product menjadi
selling lise. Salah satu produk elektronik yang banyak digunakan saat
ini adalahTV. TV banyak digunakan oleh masyarakat, baik dari masyarakat kelas
bawah sampai kelas atas. Saat ini banyak sekali produk TV dan berbagai jenis
merek dan fitur yang ditawarkan di pasar dengan harga yang bersaing. Kondisi ini
akan memacu konsumen memiliki tingkat pembelian yang tinggi terhadap produk TV.
Sebagian dari mereka akan cenderung membeli produk TV yang berteknologi tinggi
dan 'melupakan' begitu saja produk-produk lama.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Berdasarkan kenyataan yang
ada di masyarakat, ternyata produk Televisi Layar Datar LG sangat diminati oleh
konsumen, tetapi ada saja hambatan konsumen dalam hal keputusan pembelian,
seperti konsumen setelah melihat produk LG ada yang tidak langsung membeli,
tetapi ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Faktor yang menjadi
penyebabnya antara lain adalah harga yang ditawarkan perusahaan pantas dan kualitas
produknya sesuai dengan harga produk tersebut.
Untuk mengetahui permasalahan
yang ada maka penulis mengadakan penelitian yang didasarkan pada asumsi bahwa
adanya keterkaitan yang erat antara harga dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian LG. Hal ini terbukti dengan adanya harga dan kualitas
produk yang sesuai dengan harapan konsumen Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie semakin meningkat.
Dari permasalahan di atas
penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk
Televisi Layar Datar Merek LG Pada Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie”
1.2
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang
telah diuraikan maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1)
Apakah kualitas produk,
harga berpengaruh positif terhadap keputusan
konsumen membeli produk televisi layar datar merek lg pada toko ari prima
beureunuen kabupaten pidie ?
2)
Diantara kualitas
produk dan harga manakah variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen membeli produk Televisi
Layar Datar Merek Lg Pada Toko Ari Prima Beureunuen Kabupaten Pidie ?
1.3
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
:
1)
Untuk mengetahui
pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan konsumen membeli produk televisi layar datar merek lg pada toko
ari prima beureunuen kabupaten pidie.
2)
Untuk mengetahui variabel mana yang paling
dominan mempengaruhi keputusan konsumen
membeli produk televisi layar datar merek lg pada toko ari prima beureunuen
kabupaten pidie.
1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini juga diharapkan dapat
memberikan manfaat, baik bagi perusahaan, bagi penulis dan juga bagi peneliti
selanjutnya. Adapun manfaat yang diharapkan adalah:
1)
Bagi Perusahaan
Sebagai bahan
masukan bagi perusahaan di dalam usaha pemasaran produknya, sehinggga dapat
memperhatikan faktor-faktor yang dimiliki oleh produk yang mereka tawarkan.
2)
Bagi Penulis
Penelitian
ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapkan teori-teori yang
diperoleh selama di bangku kuliah serta memperluas wawasan penulis mengenai
minat pembelian dan juga tentang manajemen pemasaran.
3)
Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini
kiranya dapat memberikan masukan atau sebagai bahan referensi bagi peneliti
lain dalam melakukan penelitian pada masa yang akan datang.
hubungi no HP: 085270353008
hubungi no HP: 085270353008
No comments:
Post a Comment