BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Kemampuan masyarakat dalam hal membedakan
bentuk bauran pemasaran dan juga pelayanan
berkualitas atau tidak kian hari kian selektif. Dalam bisnis jasa Perbankan Loyalitas Nasabah adalah tonggak agar suatu
Perbankan terus berkembang. Nasabah yang dihadapi saat ini tentu
saja berbeda dengan
Nasabah beberapa dasawarsa
lalu. Hal ini menandakan bahwa masyarakat pasti akan jauh lebih kritis
dalam menentukan Pemasaran dan kualitas pelayanan terbaik yang disediakan oleh Perbankan. Pelaku pemasaran dan pelayanan hendaknya menyikapi hal ini sebagai
dorongan untuk
meningkatkan bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secara
optimal.
Bauran
Pemasaran jasa optimal merupakan Bauran Pemasaran jasa yang bermutu dan
dapat membuat Nasabah merasa
puas dan loyal terhadap apa yang disediakan oleh Perbankan. Mutu pelayanan mungkin dapat ditingkatkan dengan mudah, akan tetapi bagaimana menciptakan
bauran pemasaran dan pelayanan yang bermutu dan dapat membuat loyalitas Nasabah merupakan sesuatu hal yang sulit diciptakan. Hal ini disebabkan
loyalitas sangat tergantung
persepsi Nasabah yang mempunyai
tingkat asumsi masing-masing.
Bank adalah
suatu lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan menyalurkan
dana, pembiayaan, meningkatkan faedah atas dana masyarakat (dengan memindahkan
dari pihak yang kelebihan dana yang mungkin kurang faedahnya kepada pihak yang
membutuhkan). Pengertian bank menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 adalah
badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan
menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya
dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
PT. Bank Negara Indonesia
(BNI) Tbk cabang Sigli adalah salah satu bank umum milik pemerintah
yang
ada di kota Sigli. Berdasarkan Undang-undang
No.7 Th.1992, bank umum dibagi menjadi dua, yaitu bank umum pemerintah
dan bank umum swasta. PT. BNI Tbk didirikan oleh pemerintah untuk segala
lapisan masyarakat baik untuk golongan menengah atas maupun
golongan menengah
ke bawah. Hal tersebut dibuktikan dengan
terdapatnya kantor cabang
unit pembantu pada setiap Kabupaten/Kota.
PT. BNI Tbk cabang Sigli adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis perbankan, yang menjual
dalam bentuk pelayanan atau jasa. Dalam mempertahankan
kelangsungan perbankan yang menggunakan jasa loyalitas
Nasabah, maka
pencapaian loyalitas Nasabah adalah faktor mutlak yang harus diutamakan. Loyalitas Nasabah salah satu faktor penting
untuk tetap mem pertahankan
nasabah agar tetap konsisten
menjadi nasabah BNI Cabang Sigli. Jika hal ini tidak dilakukan bukan tidak mungkin
PT. BNI Tbk cabang Sigli akan tergeser
dari persaingan bank- bank lain yang kian hari kian banyak bermunculan.
............................................
......................................................................
Menyikapi
hal tersebut, tentunya pelaku bisnis terutama perbankan akan berusaha
semaksimal mungkin untuk mempengaruhi perilaku Nasabah untuk menjadi mitra
maupun Nasabah terbaiknya. Pihak perbankan juga dituntut dapat secara jeli
memprekdisikan perkembangan ekonomi mikro dan makro agar dapat menentukan hasil
yang akan dicapai tidak hanya mengoptimalkan pendapatan yang berbasis pelayanan
nasabah tetapi bisnis yang berbasis pada pelayanan calon nasabah. Problematika seperti ini tidak saja
dialami oleh beberapa perusahaan manfaktur, akan tetapi juga dialami oleh
perusahaan atau organisasi jasa yang dalam hal ini jasa perbankan. Hal ini juga
dialami oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Sigli Kabupaten
Pidie.
Oleh karena itu, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
Cabang Sigli Kabupaten Pidie dituntut dapat memprediksikan bagaimana para
nasabah akan merespon strategi pemasaran yang diterapkan. Agar dapat mencapai
sasaran yang diinginkan, peran promosi turut menentukan keberhasilan produk
perusahaan. Strategi pengembangan harus dibangun atas dasar adanya
kesinambungan antara diferensiasi produk, saluran distribusi atau tempat yang
strategis untuk melayani Nasabah, proses dan bukti fisik yang saling mendukung.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik
untuk melakukan penelitian dengan judul : “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap
Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Negara
Indonesia (Persero), Tbk. Cabang
Sigli Kabupaten Pidie “
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian serta penjelasan yang telah dikemukakan
pada latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai
berikut :
a.
Apakah variabel-variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk
(product), promosi (promotion), proses (process), orang (people) dan bukti fisik (physical
evidence) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Pada pada PT. Bank Negara
Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
b.
Variabel manakah diantara produk, promosi, proses, orang dan bukti fisik
yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara
Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
1.3
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
a.
Untuk mengetahui apakah variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari
produk, promosi, proses, orang dan bukti fisik berpengaruh terhadap loyalitas
nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten
Pidie.
b.
Untuk mengetahui variabel apa dari bauran pemasaran jasa yang paling
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia
(Persero), Tbk. Cabang Sigli Kabupaten Pidie.
c.
Untuk melengkapi tugas akhir dalam bentuk karya tulis seperti yang telah
ada dalam peraturan perguruan tinggi.
1.4
Manfaat Penelitian
Penelitian dapat diharapkan dapat bermanfaat :
a.
Sebagai bahan referensi bagi yang berminat untuk memperdalam masalah
bauran pemasaran jasa dan loyalitas Nasabah.
b.
Bagi penulis, selain sebagai syarat menyelesaikan pendidikan, juga dapat
menambah ilmu pengetahuan bidang ilmu manajemen pemasaran, dan melatih penulis
untuk dapat menerapkan teori-teori yang diperoleh dari perkuliahan.
c.
Dengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang
berguna bagi peneliti untuk dapat berpikir secara analisis dan dinamis dimasa
yang akan datang.
CP: 085270353008
No comments:
Post a Comment