Ulasan Tentang Pengertian Penjualan menurut Para Ahli
Ulasan Tentang Pengertian Penjualan menurut Para Ahli: Penjualan merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan, baik perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa. Dari kegiatan penjualan ini dapat dilihat apakah yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat atau sebaliknya produk tersebut kurang diminati oleh konsumen karena tidak sesuai dengan selera keinginan konsumen.
Basu Swastha dan Irawan mengemukakan pengertian penjualan dalam bukunya Menejemen Pemasaran Modern”, yaitu : Penjualan adalah persetujuan jual beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang atau jasa yang melibatkan penjual dan pembeli. (2003:406)
Pengertian di atas dapat dilihat bahwa titik tolak penjualan terletak pada keinginan produsen. Dalam hal ini sebuah perusahaan menawarkan produknya tidak disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, akan tetapi perusahaan lebih memfokuskan pada produk perusahaan yang ada dan berusaha meyakinkan konsumen agar bersedia membeli.
Tujuan Penjualan
Perusahaan perlu memperhatikan tujuan penjualan yang telah ditetapkan. Basu Swastha dan Irawan dalam bukunya “Manajemen Pemasaran Modern”, yaitu antara lain :
- Mencapai volume penjualan tertentu
Pada umumnya setiap perusahaan mempunyai tujuan yaitu dapat mencapai volume penjualan sesuai dengan apa yang telah ditentukan sebelumnya.
Volume penjualan sendiri dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu :
a. Target penjualan
b. Jumlah penjualan
- Mendapatkan laba tertentu
Keuntungan atau laba merupakan puncak tujuan dari perusahaan yang telah ditetapkan. Dengan mendapatkan keuntungan ataupun laba maka perusahaan akan dapat menjalankan roda usahanya.
Laba atau keuntungan sendiri dapat dipengaruhi oleh :
a.Jumlah produk yang terjual
b. Tingkat permintaan konsumen
- Menunjang pertumbuhan perusahaan
Pertumbuhan perusahaan dapat dilihat dari tingkat sejauhmana tingginya suatu penjualan yang terjadi pada perusahaan tersebut. Ini dapat menentukkan baik tidaknya pertumbuhan suatu perusahaan.
Penjualan merupakan kegiatan yang mempunyai pengaruh besar terhadap perusahaan. Setiap perusahaan akan berusaha meningkatkan omset penjualannya, sehingga akan mendapatkan laba penjualan semaksimal mungkin. Kegiatan penjualan ini akan membentuk suatu kegiatan transaksi yang akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan agar dapat tumbuh dan berkembang.
Pengaruh Personal Selling Terhadap Penjualan.
Keterkaitan personal selling terhadap penjualan menurut Philip Kotler dalam bukunya Manajemen Pemasaran adalah sebagai berikut :Bahwa penjualan merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju. Fungsi penjualan juga merupakan sumber pendapatan yang diperlukan untuk menutupi ongkos-ongkos dengan harapan bisa mendapatkan laba. Jika barang-barang diproduksi atau dibeli untuk dijual, maka harus diusahakan sejauh mungkin agar barang tersebut dapat terjual. Oleh karena itu perlu adanya berbagai macam cara untuk memajukan penjualan, salah satunya dengan melakukan kegiatan personal selling. (1997 : 183)
Suatu perusahaan akan melakukan strategi-strategi guna memperkenalkan dan menyampaikan produk yang akan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan. Proses untuk menyampaikan dan memperkenalkan produk tersebut yaitu dengan mengadakan personal selling. Jika perusahaan sudah menentukan kegiatan personal selling yang akan dilakukan, maka tahap berikutnya adalah menyusun anggaran penjualan dan menentukan jumlah tenaga penjualan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Keputusan-keputusan yang berkaitan dengan kedua masalah tersebut adalah saling berhubungan. Namun penentuan salah satu faktor saja tidak secara otomatis mempengaruhi nilai faktor yang lain.
Pemilihan dan penentuan kegiatan personal selling yang akan dilakukan oleh perusahaan harus membuat perencanaan yang lengkap dan menyeluruh berdasarkan penjualan yang mempengaruhinya. Hal ini perlu dilakukan agar tujuan perusahaan dalam pencapaian penjualan, sesuai dengan apa yang diharapkan melalui kegiatan personal selling.
Kegiatan personal selling sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan, karena dengan adanya kegiatan personal selling maka produk yang akan dijual akan lebih dikenal. Hal ini akan mendorong konsumen untuk membeli dan mencoba produk yang dipasarkan, maka kegiatan personal selling yang dilakukan oleh perusahaan lebih diperhatikan, karena kegiatan personal selling sangat berpengaruh sekali terhadap peningkatan penjualan yang sasaran penjualan produknya tidak hanya langsung kepada konsumen tetapi kepada took-toko.
Personal selling merupakan suatu strategi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjual produknya dengan tujuan produk yang ditawarkan cepat terjual dan mendapatkan laba yang telah ditentukan perusahaan.
Demikianlah uraian singkat tentang Ulasan Tentang Pengertian Penjualan menurut Para Ahli, semoga bermanfaat buat pembaca.
No comments:
Post a Comment